2/24/2013

MAKALAH OSCILATING SCREEN


BAB I
PENDAHULUAN

1.1.Latar Belakang Permasalahan
Kimia industri mencakup hal yang cukup luas,dimana industri merupakan suatu proses yang mengubah bahan baku menjadi produk yang berguna atau mempunyai nilai tambah serta produk tersebut dapat digunakan secara langsung oleh konsumen.
Dalam suatu industri pasti memerlukan alat untuk melangsungkan proses kerjanya,begitu juga didalam kimia industri.Ada banyak macam alat industri kimia yang digunakan untuk melakukan suatu proses dibidang kimia yang salah satunya adalah Oscilating Screen.
Untuk itulah,dalam makalah ini akan dijabarkan tentang salah satu alat industri kimia yaitu Oscilating Screen.
1.2.Rumusan Masalah
Berdasarkan pada latar belakang yang diuraikan tersebut,permasalahan yang harus dipecahkan dalam makalah ini adalah :
1.      Apa itu alat Oscilating screen ?
2.      Apa kelebihan dan kekurangan dari Oscilating screen ?
1.3.Tujuan Masalah
1.      Untuk mengenal dan dapat memahami alat industri kimia.
2.      Untuk mengetahui tujuan dari alat Oscilating screen.
3.      Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan alat Oscilating screen.

BAB II
KAJIAN TEORI

PENGERTIAN ALAT OSCILATING SCREEN
Oscilating Screen adalah Suatu alat screening yang berbentuk seperti tabung yang mana hampir mirip seperti trommel screen, dimana didalam tabung terdapat sikat dan ayakan yang mengikuti bentuk tabung itu sendiri. Oscilating mengayak dengan cara diputar.
Fraksi yang dipisahkan dalam alat ini ada dua kelompok :
a.  Pasir dan tanah yang terbawa dari kebun bersama TBS dan brondolan..Umumnya pabrik telah memiliki Sand Trap Tank (STT) untuk mengendapkan partikel-partikel yang mempunyai berat jenis yang lebih besar dari l (satu).Karena waktu pengendapan sangat singkat sehingga tidak seluruh pasir atau gumpalan tanah terpisahkan, maka proses pemisahannya dilanjutkan pada ayakan getar.
b. Serat atau ampas yang terikut dalam minyak dipisahkan dengan maksud agar kadar kotoran minyak sesuai dengan standard kualitas.
PRINSIP KERJA
Bahan dimasukkan dari lubang diatas dan oscillator akan berputar kemudian partikel-partikel yang kecil akan tersaring dan jatuh melewati lubang yang bawah sedangkan partikel yang besar tidak akan tersaring. Hasil giling ini yang kemudian dimasukkan kedalam vibrating screener dan mengalami proses pengayakan. Seperti yang dijelaskan Fellow (1988), pengayakan merupakan pemisahan berbagai campuran partikel padatan yang mempunyai berbagai ukuran bahan dengan menggunakan ayakan. Untuk memisahkan bahan-bahan yang telah dihancurkan berdasarkan keseragaman ukuran partikel-partikel bahan, dilakukan dengan pengayakan dengan menggunakan ayakan standar. Pengayak (screener ) dengan berbagai desain telah digunakan secara luas pada proses pemisahan bahan pangan berdasarkan ukuran yang terdapat pada mesin-mesin sortasi, tetapi pengayak juga dapat digunakan sebagai alat pembersih dan sebagai  pemisah kontaminan yang berbeda ukurannya dari bahan baku. Pengayakan memudahkan untuk mendapatkan tepung dengan ukuran yang seragam.Dengan  demikian pengayakan dapat didefinisikan sebagai suatu metoda pemisahan berbagai campuran partikel padat sehingga didapat ukuran partikel yang seragam serta terbebas dari kontaminan yang memiliki ukuran yang berbeda dengan menggunakan alat pengayak.Screener merupakan suatu permukaan yang memiliki banyak apertures dalam suatu ukuran tertentu.Material yang memiliki berbagai macam ukuran akan melewati atau tertahan discreener ini tergantung kepada ukuran partikel yang lebih kecil atau lebih besar dari ukuran aperture screener.Sistem bukaan dari permukaan screener bervariasi,seperti bentuk lingkaran, persegi ataupun persegi panjang.Penggunaan bentuk bukaan ini tergantung dari ukuran, karakteristik material dan kecepatan gerakan screener. Efisiensi kerja screener tergantung pada tingkat kesempurnaan pemisahan material kedalam fraksi ukuran diatas atau dibawah dimensi ukuran aperture.Screener dibatasi untuk ukuran material diatas 250 mm.Ukuran partikel material yang lebih halus akan dipisahkan melalui metode classification.Ukuran screener yang digunakan bisa dinyatakan dengan mesh maupun mm (metrik).
TUJUAN DARI PROSES PENGAYAKAN INI
•Mempersiapkan produk umpan (feed) yang ukurannya sesuai untuk beberapa proses  berikutnya.
•Mencegah masuknya mineral yang tidak sempurna dalam peremukan (Primarycrushing) atau oversize ke dalam proses pengolahan berikutnya, sehingga dapat dilakukan kembali proses peremukan tahap berikutnya (secondary crushing).
•Untuk meningkatkan spesifikasi suatu material sebagai produk akhir.
•Mencegah masuknya undersize ke permukaan.Pengayakan biasanya dilakukan dalam keadaan kering untuk material kasar dapat optimal sampai dengan ukuran 10 in (10 mesh). Sedangkan pengayakan dalam keadaan basah biasanya untuk material yang halus mulai dari ukuran 20 in sampai dengan ukuran 35 in.
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN
1.    Kelebihan
·         Dapat menghasilkan produk yang uniform dan lebih halus.
2.    Kekurangan
·         Biaya perawatan tinggi, terutama pada dinamo motor dan sikat.
·         Harga lebih mahal dari vibrating screen.
 BAB III
KESIMPULAN

Dalam suatu industri pasti memerlukan alat untuk melangsungkan proses kerjanya,begitu juga didalam kimia industri.Ada banyak macam alat industri kimia yang digunakan untuk melakukan suatu proses dibidang kimia yang salah satunya adalah Oscilating Screen.
Oscilating Screen adalah Suatu alat screening yang berbentuk seperti tabung yang mana hampir mirip seperti trommel screen, dimana didalam tabung terdapat sikat dan ayakan yang mengikuti bentuk tabung itu sendiri. Oscilating mengayak dengan cara diputar.

Untuk Makalah DOWNLOAD MAKALAH OSCILATING SCREEN

0 komentar:

Posting Komentar