2/15/2013

Makalah Alat Penukar Ion


BAB I
PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang

Seperti yang telah kita ketahui alat – alat industri kimia dibagi menjadi beberapa bagian, tetapi disini kita akan membahas tentang “Alat Penukar Ion” . Dan pada makalah ini akan dibahas lebih detail lagi mengenai alat yang digunakan, dimana alat penukar ion adalah pertukaran ion-ion antara dua electrolytes atau antara elektrolit solusi dan kompleks.
1.2 Rumusan Masalah
Dari latar belakang yang telah diuraikan sebelumnya, maka permasalahan yang dikemukakan untuk melakukan penyusunan makalah lebih lanjut, kami mencari sumber data dari berbagai referensi yang dimuat dalam internet dan juga sumber buku.

1.3 Tujuan
Berdasarkan latar belakang dan rumusan permasalahan di atas, maka tujuan dari penyusunan makalah ini adalah untuk memberikan serta menambah suatu pengetahuan dan wawasan tentang Alat Industri Kimia yang berhubungan dengan alat penukar ion.
1.4 Manfaat Penelitian

Penelitian ini diharapkan akan dapat memberikan berbagai manfaat bagi semua Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri khususnya  Jurusan Teknik  Kimia agar kita dapat lebih memahami tentang jenis, kegunaan dan manfaat alat penukar ion.




BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Alat Penukar Ion
Penukar ion dapat berupa suatu zat dan penukar itu sendiri adalah zat padat tertentu yang dapat membebaskan ionnya kedalam larutan ataupun menggantikan ion lain dari ion larutan. Penukar ion adalah bahan padat, yang mengandung bagian aktif dengan ion – ion yang dapat di pertukarkan.  Pertukaran ion adalah proses dimana ion – ion dari elektrolit diikat pada permukaan bahan padat. Sebagai pengganti ion – ion tersebut, ion – ion dari bahan padat diberikan kedalam larutan. Berupa butiran, biasa disebut resin yang tidak larut dalam air. Dalam strukturnya, resin ini mempunyai gugus ion yang dapat dipertukarkan. Contoh : pengolahan air dengan penukaran ion untuk produksi uap didalam sebuah ketel uap. Air umumnya mengandung ion kalsium. Karena terjadi penguapan, konsentrasi kapur didalam ketel akan meningkat sehingga menimbulkan kerak. Kerak ini akan menyebabkan pemborosan bahan bakar,karena menghambat panas. Oleh karena itu kadar kapur harus seminimal mungkin. Salah satu caranya adalah dengan penukar ion dengan penukar resin yang mengandung gugus natrium.   
Alat penukar ion organik banyak sekali digunakan pada industri-industri. Dan hanya terbagi menjadi dua macam yaitu :
a.      Resin Penukar Kation
Adalah resin yang akan menukar atau mengambil kation dari larutan. Pertukaran Kation, misalnya Na+ +H+

Untuk Makalah Silakan Download MAKALAH PENUKARAN ION
Untuk PPT nya silakan Download PPT PENUKARAN ION

4 komentar:

  1. thanks buat bantuan infonya
    moga tambah pengetahuannya.....amiiiiiiiiiin

    BalasHapus
  2. Terima Kasih Infonyaa..

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus